Alasan-alasan Kenapa Renovasi Hotel Penting Untuk Dilakukan

Proses renovasi sebuah gedung bukanlah suatu hal yang sepele. Perlu alasan yang benar-benar kuat sebelum memutuskan untuk melakukan renovasi sebuah gedung. Tentu saja hal ini dikarenakan renovasi memerlukan biaya dan juga waktu yang tidak sedikit. Renovasi gedung pun melibatkan perencanaan yang matang dan pihak yang tidak sedikit, diantaranya kontraktor bangunan dan interior.

Lebih jauh lagi, selama renovasi berlangsung fungsi bangunan akan terganggu. Sehingga segala aktivitas dan kegiatan pada gedung tersebut harus dihentikan. Apalagi jika bangunan tersebut beroperasional sebagai fasilitas umum atau gedung komersial tempat banyak orang bekerja dan beraktivitas setiap harinya seperti hotel.

Namun demikian, adakalanya renovasi hotel penting untuk dilakukan. Tentu saja harus ada alasan-alasan yang mendasarinya. Maka tak ayal kebanyakan pengelola hotel di Ibukota melakukan perencanaan matang bersama kontraktor bangunan dan kontraktor interior Jakarta, untuk memastikan waktu pengerjaan renovasi hingga bangunan hotel dapat dioperasionalkan kembali

Alasan Penting Untuk Melakukan Renovasi Hotel

Tindakan renovasi ini berkaitan dengan beberapa hal yang mempengaruhi optimalisasi operasional hotel seperti :

1. Untuk perubahan fungsi bangunan.

Perubahan fungsi bangunan bisa juga berkaitan dengan ekspansi hotel dan peningkatan pelayanan.

  • Ekspansi Hotel : Hotel mungkin mengalami berbagai perubahan semenjak awal didirikan. Setelah hotel kian dikenal dan berkembang, diperlukan penambahan daya tampung sehingga harus dilakukan renovasi. Tidak saja berupa penambahan lantai atau kamar hotel untuk menampung para tamu. Berbagai ruangan lainnya pun tentu perlu ditambahkan. Sehingga untuk melakukan berbagai pengembangan bangunan tersebut perlu dilakukan renovasi.
  • Peningkatan pelayanan : Perubahan fungsi bangunan juga dapat dilakukan dalam rangka peningkatan pelayanan. Misalnya penambahan faslitas hotel seperti café, spa, kolam renang di dalam hotel dan lain sebagainya. Diharapkan dengan peningkatan pelayanan ini juga dapat lebih memuaskan para pengunjung hotel tersebut.

2. Melakukan perbaikan bangunan.

Kondisi bangunan tentu bisa dijaga dan dipertahankan dengan perawatan yang memadai. Seiring berjalannya waktu, setiap jenis bangunan pasti akan menua dan mengalami penurunan fungsi pada beberapa eleman bangunan. Mau tidak mau bangunan akan mengalami kerusakan yang sudah tidak bisa diatasi hanya dengan perawatan. Misalnya pintu geser yang mulai rusak, cat yang retak-retak, kayu melapuk hingga genteng bocor.

Pada saat terjadi kerusakan-kerusakan itulah perlu dilakukan perbaikan. Perbaikan tersebut dapat dilakukan tanpa melakukan renovasi besar-besaran. Melainkan cukup dengan meminta pihak terkait untuk mengganti atau memperbaiki beberapa bagian yang rusak.

Baca juga: Kelebihan Dan Kekurangan Bata Merah Yang Wajib Diketahui

Namun, jika kerusakan sudah bersifat masif misalnya dikarenakan bencana alam seperti gempa atau kebakaran. Atau mungkin kerusakan pada pondasi bangunan yang kian rapuh, atau kerusakan pada saluran-saluran air dan listrik. Tentu saja renovasi harus dilakukan oleh kontraktor hotel. Hal ini perlu dilakukan agar gedung dapat berfungsi dan beroperasional seperti sedia kala.

3. Menambah estetika bangunan.

Selanjutnya alasan pemilik hotel untuk melakukan renovasi adalah sebagai alasan estetika. Salah satu contohnya jika pemilik hotel ingin mengubah tampilan hotel. Misalnya untuk melakukan perubahan tema desain hotel dari modern minimalis menjadi klasik.

Saat pemilik hotel menyewa jasa kontraktor interior hotel Jakarta untuk menerapkan gaya interior baru, diperlukan renovasi pada berbagai bagian hotel. Mulai dari perubahan cat atau wallpaper dinding hotel, penambahan ukiran-ukiran pada desain interior bahkan penggantian jenis lantai, frame jendela juga jenis atap bangunan hotel dan lain sebagainya.

Biasanya hal ini dilakukan pemilik hotel agar hotelnya bisa lebih up to date, mengikuti tren hotel terkini, atau mungkin dikarenakan alasan pemasaran seperti pergantian sasaran konsumen.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *