Cara Memasang Lantai Kayu dengan Mudah dan Cepat

Tips Memasang Lantai Kayu yang Benar dan Cepat

Lantai kayu atau parket adalah salah satu material yang banyak dipilih untuk interior rumah. Terutama oleh sebagian orang yang ingin rumahnya tampak elegan dan mewah. Selain itu, meskipun tampak mewah, parket tetap memiliki karakter yang tampak sederhana  namun tetap bergaya artistik yang bernilai tinggi untuk sebuah interior rumah.

Berbeda dari jenis pelapis lantai pada umumnya, parket memiliki cara pemasangan yang tergolong sulit. Tapi, meski demikian Anda masih bisa memasang lantai parket kayu ini dengan mudah melalui cara-cara berikut ini:

Cara Memasang Parket Kayu Solid

Parket solid adalah jenis parket berkualitas yang terbuat dari 100% kayu asli. Salah satunya adalah jenis kayu jati sebagai salah satu material parket berkualitas tinggi. Selain tahan lebih lama, motif kayu jati termasuk ke dalam golongan yang terbaik.

Pemasangan parket solid ini bisa dilakukan di atas plesteran yang sudah diaci terlebih dahulu hingga halus. Selanjutnya, Anda bisa menutupinya dengan multiplek dengan ketebalan 15 mm. Selanjutnya, lumuri permukaan yang akan dipasang parket dengan menggunakan lem secukupnya.

Pengaplikasian parket di atas acian saja, sering kali terdapat bagian parket yang tidak menapak ke lantai dasar karena permukaan plester atau acian yang tidak rata. Sedangkan jika dipasang di atas multipek, parket akan menempel sempurna. Hal ini karena permukaan dasarnya telah rata dengan multipek yang digunakan tersebut.

Kemudian, masuk ke tahapan selanjutnya, yaitu menghampelas parket menggunakan mesin khusus. Tujuannya adalah untuk meratakan permukaan parket.

Setelah itu, barulah masuk ke tahap akhir yaitu finishing. Pengerjaan ini bisa dilakukan menggunakan spray atau roll khusus. Bagaimana, mudah bukan cara mengaplikasikan parket ini?

Cara Memasang Parket Kayu Laminate

Proses pemasangan jenis parket lantai laminate adalah yang paling mudah. Proses pemasangannya cepat dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Pertama-tama, siapkanlah beberapa peralatan di bawah ini:

  • Gergaji
  • Pulpen
  • Siku
  • Pahat
  • Palu
  • Lakban
  • Plastik ukuran besar
  • Beberapa keping potong kayu ukuran 7 x 20 cm dengan ketebalan 3 cm untuk bantalan pemukul
  • polyfoam

Setelah semua peralatan siap kemudian lanjut ke tahap selanjutnya, yaitu teknik pemasangan. Simak berikut ulasannya:

  • Siapkan polyfoam kemudian hamparkan di atas permukaan yang akan diaplikasikan parket laminate.
  • Ambil lakban kemudian tutupi setiap sambungan polyfoam yang telah dihamparkan tadi.
  • Pasang parket laminate satu per satu mulai dari bagian pinggir ruangan. Sambungkan dengan menggunakan double klik system pada setiap kepingan.

Laminate flooring adalah solusi terbaik parket kayu instan tanpa proses pemasangan yang lama dan ribet. Selain mudah, lantai parket ini pun memiliki berbagai kelebihan. Penasaran apa saja kelebihannya? Simak ulasannya di bawah ini:

  1. Parket kayu laminate ini ditawarkan dengan harga yang murah dibandingkan parket solid.
  2. Cara memasangnya sangat mudah tanpa memerlukan proses pengeleman serta finishing.
  3. Anda bisa memasangnya di atas keramik maupun marmer.
  4. Pemasangannya tidak permanen, jika suatu waktu Anda bosan, Anda bisa menggantinya dengan jenis yang lain.

Demikian kami paparkan cara pemasangan dua jenis lantai kayu yang banyak digunakan. Keduanya memiliki kelebihan masing-masing, jadi Anda bisa mempertimbangkannya sendiri sesuai kebutuhan. Saat ini parket kayu sudah mudah untuk kita temukan, namun, jika di daerah Anda masih tergolong langka, Anda bisa membelinya secara online, tapi perhatikan ongkir dan penjualnya agar pembelian secara online berlangsung nyaman dan aman.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *