Engsel Pintu Sering Macet? Inilah 5 Tips Mudah Merawat Engsel Pintu Agar Selalu Lancar Saat Digunakan

Setiap hunian pasti dilengkapi dengan pintu sebagai sarana keluar masuk ruangan, beragam jenis dan model pintu dapat menjadi pilihan dalam menentukan jenis pintu apa yang tepat untuk kita gunakan. Salah satu jenis pintu yang sedang populer saat ini adalah jenis pintu upvc, selain kualitasnya yang bagus harga jual pintu upvc dibanderol dari mulai ratusan hingga jutaan. Adapun jenis lain yang masih banyak peminatnya adalah jenis pintu aluminium kaca.

Keanekaragaman jenis pintu memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri bagi para penggunanya, namun masalah umum yang sering terjadi dan tak bisa dihindari adalah masalah pada engsel pintu. Seringkali engsel pintu mengalami macet dan pintu tidak dapat digunakan secara sempurna. Hal ini sering terjadi pada hampir setiap jenis pintu.

5 Tips Merawat Engsel Pintu Agar Selalu Lancar

Saat ini beragam jenis pintu dengan harga yang ekonomis telah banyak ditawarkan dipasaran, seperti pintu aluminium kaca dan pintu upvc murah semakin populer dikalangan masyarakat. Meskipun harga yang relatif murah namun kualitas tetap harus menjadi aspek utama dalam menentukan jenis pintu yang tepat, selain itu perawatan pada engsel pintu tidak boleh diabaikan. Hal ini karena engsel merupakan bagian terpenting pada pintu agar pintu selalu lancar saat digunakan.

Untuk merawat engsel pintu agar terhindar dari kemacetan sebenarnya cukup mudah, Yuk, simak tips-tips dibawah ini.

1. Hindarkan Engsel Pintu dari Air

Permukaan pintu biasanya sangat rentan terkena air terutama pintu utama yang berada di luar teras rumah, saat musim hujan tiba beberapa percikan air hujan akan mengenai engsel pintu, jika ini terjadi terus-menerus engsel pintu akan berkarat dan menyebabkan macet saat dibuka maupun hendak ditutup. Sebelum hal ini terjadi sebaiknya berikan jarak antara pintu dengan area halaman rumah agar sedikit meminimalisir pintu terkena cipratan air hujan. Selain air dari hujan sebaiknya kita juga harus berhati-hati saat membawa air, jangan sampai air mengenai permukaan engsel pintu.

2. Lakukan Pembersihan Pada Area Engsel Pintu Secara Rutin

Kotoran dan debu tak bisa dihindari dimanapun kita berada, bila engsel pintu terkena kotoran dan debu lama-lama engsel pintu akan tersumbat dan mengganggu kelancaran fungsi engsel. Maka perawatan yang tepat untuk menghindari kerusakan dan kemacatan pada engsel pintu adalah dengan membersihkannya secara rutin. Sebaiknya lakukan pembersihan secara berkala agar engsel selalu dalam keadaan bersih.

3. Oleskan Pelumas Pada Engsel

Salah satu perawatan mudah pada engsel pintu yaitu dengan mengolesi area engsel dengan sedikit pelumas seperti oli. Cairan pelumas yang bersifat licin akan membuat engsel pintu berfungsi dengan maksimal.

Baca ini juga: 7 Cat Rumah Yang Bagus Anti Lembab Dan Jamur

4. Lakukan Pengecekan dan Perbaikan Pada Engsel yang Rusak

Seringkali kerusakan engsel pintu terjadi disebabkan oleh adanya beberapa bagian engsel yang bengkok maupun patah. Sebaiknya dalam merawat engsel kita harus melakukan pengecekan secara rutin terutama bila pintu sudah dirasakan sedikit tersumbat atau macet saat digunakan. Bila hal itu terjadi sebaiknya perbaiki engsel dengan cara mencopot beberapa bagian engsel yang mengalami kerusakan, bila kerusakan sudah tidak dapat diperbaiki maka sebaiknya gantilah engsel dengan yang baru yang lebih berkualitas.

5. Semprotkan Cairan Anti Karat

Penyebab engsel sering macet dan tersumbat adalah disebabkan oleh engsel mengalami karat. Untuk mengantisipasi hal tersebut sebaiknya lakukan perawatan pada engsel dengan cara menyemprotkan cairan anti karat. Cairan anti karat akan membuat engsel lebih awet dan tidak mudah macet.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *