Kaca Mobil Pecah Secara Misterius

Hal-Hal Ini Bisa Menyebabkan Kaca Jendela Pecah Secara Tiba-Tiba

Mungkin hal ini pernah terjadi pada Anda. Ketika hendak menggunakan mobil, tiba-tiba Anda menemukan salah satu kaca jendela mobil Anda retak parah atau bahkan pecah berantakan. Hal ini membuat Anda mungkin bertanya-tanya, apakah ini pertanda buruk? Apakah ini perbuatan orang yang tidak bertanggung jawab?

Kaca Mobil Pecah Secara Misterius, Apa Penyebabnya?

Sebenarnya, pecahnya kaca mobil dengan sendirinya bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Dalam artikel ini, kami akan membahas penyebab kaca jendela mobil pecah secara tiba-tiba, berikut adalah penyebab-penyebabnya;

1. Kualitas Kaca yang Buruk

Kualitas atau mutu yang bagus tentu akan menghasilkan produk yang berkualitas tinggi pula. Sering kali, pecahnya kaca mobil disebabkan oleh kualitas kaca yang dipakai tidaklah memiliki mutu yang bagus. Akibatnya, ketika seseorang menutup pintu mobil, hal ini akan menyebabkan kaca dengan kualitas rendah itu retak atau pecah. Disarankan sekali untuk melakukan pengecekkan terhadap mobil yang dibeli dan tidak terlalu terfokus pada brand atau harganya yang murah.

2. Terkena Panas Terlalu Lama

Kaca jendela yang pecah juga bisa disebabkan karena terkena sinar matahari yang panas terlalu lama. Suhu yang panas ini akan membuat kaca menjadi memuai, sehingga ukuran kaca akan bertambah panjang dan lebarnya yang kemudian berakibat pada berkurangnya kekuatan kaca. Kaca kemudia akan menjadi menekuk hingga muncul keretakan dan akhirnya pecah. Oleh karena itu, parkirkan kendaraan Anda di area yang teduh atau gunakan penutup mobil saat memarkirkan di luar ruangan agar terlindungi dari sinar matahari.

3. Getaran atau Guncangan

Jika mobil melaju dengan kecepatan tinggi dijalanan yang buruk atau berbatu, hal ini akan menyebabkan guncangan pada seluruh bagian badan mobil dan isinya. Akibat getaran ini kaca jendela mobil bisa terhimpit oleh frame kaca. Jika mobil tidak bia mengontol kecepatannya, maka tidak heran apabila kaca jendela mobil tersebut menjadi lemah dan akhirnya pecah.

Demikian tiga alasan yang bisa menyebabkan pecahnya kaca mobil Anda. Jika kejadian ini menimpa Anda, jangan takut ataupun khawatir, karena ini hal yang normal terjadi. Apabila hal ini menimpa Anda dan Anda membutuhkan penggantian yang cepat, Anda bisa menyambangi toko kaca jakarta terdekat sekitar Anda, agar kaca mobil Anda yang retak bisa diganti dengan kaca mobil yang baru.

Jenis kaca yang disarankan untuk digunakan sebagai kaca mobil adalah kaca tempered. Kaca tempered cocok digunakan untuk kaca mobil karena memiliki sifat yang lebih kuat sehingga tidak mudah pecah. Selain itu, jenis kaca ini juga aman karena disaat pecah, kaca ini akan langsung hancur dalam butiran-butiran kecil. Berbeda dengan jenis kaca non-tempered dimana ukuran kaca yang pecah besar dan tajam sehingga bisa menyebabkan orang lain terluka. Oleh karena itu, memilih jenis kaca tempered sebagai kaca mobil adalah pilihan yang tepat karena tidak akan melukai penumpang didalamnya apabila kaca mobil sewaktu-waktu pecah dengan sendirinya. Untuk kisaran harga, kaca tempered juga cukup terjangkau. Kisaran harga kaca tempered 12mm terpasang hanya seharga 460.000 per meter persegi. Untuk ketebalan kaca mobil disarankan untuk menggunakan kaca tempered dengan ketebalan 5mm yang berharga sekitar 210.000 per meter persegi.

Memastikan keamanan sebelum berkendara adalah hal yang wajib dilakukan oleh pengemudi. Bukan hanya memeriksa kondisi mesin saja, tapi juga bagian-bagian dari mobil termasuk kaca jendela yang multifungsi sekaligus berguna bagi penumpang didalamnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *