Lebih Lengkap! Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Bata Merah yang Wajib diketahui

Ini Dia Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Bata Merah yang Wajib Diketahui

Jika Anda sering mengamati beberapa bangunan atau hunian baik itu di desa atau perkotaan, bahan apakah yang paling sering digunakan sebagai dinding bangunan?

Sebenarnya ada beberapa jenis bahan yang bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat dinding rumah atau bangunan lain. akan tetapi yang paling sering dijumpai adalah bata merah.

Bata ini lebih banyak digunakan sebagai material dinding karena mudah untuk mendapatkannya. Di samping itu bata ini jika diaplikasikan akan membuat suasana rumah lebih sejuk dan nyaman.

Banyak sekali kelebihan yang bisa didapatkan dari jenis bata ini. Namun, selain kelebihan rupanya batu bata merah ini tidak luput dari kekurangan. Agar lebih mengenal kelebihan dan kekurangan, mari simak uraian singkat di bawah ini:

Kelebihan bata merah:

  • Dibuat secara manual dan melalui proses pembakaran agar kuat dan kokoh serta mendapatkan warna kemerahan, dalam pemasangannya bata ini tidak terlalu susah dan tidak butuh keahlian khusus serta tidak butuh perekat khusus.
  • Anda tidak akan kesulitan dalam mendapatkannya karena bata ini mudah dijumpai di manapun. Banyaknya permintaan pasar serta kenyamanan dalam penggunaannya mengakibatkan banyak yang memproduksi bata ini.
  • Harganya relatif murah dibandingkan dengan jenis bata yang lain. Harga yang murah inilah yang paling banyak dicari hingga akan menekan biaya pembangunan. Tak heran banyak yang menggunakan bata ini dalam proses pembangunan sebuah rumah.
  • Bentuk dan ukurannya yang kecil memudahkan saat pengangkutan. Dibandingkan dengan bata yang lain, bata ini punya ukuran yang kecil, hingga dalam pembuatan sebuah bangunan rumah akan mudah dalam mengangkutnya. Apalagi yang dibutuhkan sangat banyak.
  • Proses pembuatannya yang dibakar mengakibatkan bata ini lebih tahan lama dan tahan api.  Proses manual inilah yang menjadi kelebihan bata ini meski sekarang banyak beredar bata buatan pabrik yang lebih praktis.

Kekurangan bata merah:

  • Proses produksinya yang masih manual berakibat tidak ada kesamaan ukuran dalam bata ini. Bentuknya yang tidak presisi ini membuat dinding rumah terlihat tidak rapi sehingga dibutuhkan banyak plesteran agar dinding bisa terlihat rapi.
  • Bentuknya yang tidak sama juga membuat waktu yang dibutuhkan dalam pemasangannya menjadi lama. Tentu hal ini akan membuang waktu dalam pengerjaan sebuah rumah.
  • Ukurannya bata yang cukup berat dalam pembuatan dinding bata menjadikan tidak semua bangunan cocok menggunakan bata ini. kebanyakan yang menggunakannya adalah bangunan rumah biasa. Bukan bangunan rumah atau  perkantoran yang bertingkat tinggi.
  • Adanya presisi yang tidak  rapi pula menjadikan susunan bata menjadi tidak rapi.
  • Sifat bata ini adalah menyerap panas  saat musim panas dan  menyerap dingin saat musim dingin. Walau bisa dikatakan rumah yang menggunakan bata ini akan terasa sejuk, tetap saja suhu ruangan tidak akan menjadi stabil pada saat musim tertentu.

Dari beberapa kelebihan dan kekurangan bata merah yang diuraikan di atas, kini Anda telah paham dan mengetahui dengan pasti bagaimana seluk beluk bata jenis ini.  Di pasaran bata ini memang masih menjadi favorit karena mudah didapatkan di mana-mana. Dengan informasi tersebut kini Anda tidak ragu lagi bukan untuk memakai bata ini sebagai bahan dinding yang Anda butuhkan. Semoga informasi tersebut bermanfaat!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *